Asywitri's Blog

Just another WordPress.com weblog

Manfaat e-commerce bagi pengguna bisnis online January 28, 2011

Filed under: Uncategorized — asywitri @ 9:07 am

Semakin maju perkembangan teknologi maka semakin cepat juga perubahan yang terjadi di dunia ini. Segala hal akan dibuat menjadi lebih praktis dan lebih mudah. Bahkan yang dahulu terpikirkan hal – hal yang mustahil kini hal – hal tersebut menjadi hal yang biasa di lakukan. Seperti handphone, suatu alat komunikasi dua arah tanpa menggunakan kabel. Atau seperti e-mail yang merupakan perkembangan dari surat hanya saja dengan media elektronik yang lebih praktis dan efisien.

Bahkan perkembangan teknologi juga berdampak dalam perkembangan perdagangan. Biasanya untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan yang ada pada suatu toko kita perlu mendatanginya. Bahkan untuk memilih baju atau tas kita harus datang ke toko tersebut. Tapi pernah kah terpikirkan untuk orang – orang yang mempunyai segudang kegiatan yang tidak punya banyak waktu untuk datang ke toko tersebut? Atau pernahkah terpikirkan untuk datang ke toko yang wilayahnya jauh dan berada di luar kota dan pulau?? Atau bahkan pernahkah jika kita menginginkan produk – produk luar Negara apakah harus ke Negara tersebut??

Nah berawal dari sinilah pedagang – pedagang berpikir untuk melakukan suatu perdagangan yang tidak mengharuskan pembeli datang ke tokonya untuk membeli yaitu menggunakan berbagai macam media elektronik atau yang sering kita dengar adalah e-commerce.

 

E-commerce (electronic commerce) atau biasa di sebut dengan perdagangan elektronik merupakan suatu penjualan-pembelian, pemasaran barang dan jasa dengan menggunakan sistem berbagai macam elektronik. Perdagangan ini biasa kita temui pemasaran pada televisi dan internet..

 

Selain alasan – alasan tersebut terdapat beberapa manfaat yang didapat oleh produsen, seperti berikut :

  • Pemasaran produk bisa lebih meluas,, tidak hanya wilayah kota tetapi dapat menjangkau hampir satu Negara bahkan lebih.
  • Meminimalkan biaya operasional,, karena tidak dibutuhkan pengeluaran biaya untuk penyewaan tempat,, karyawan untuk pemeliharaan gedung,,
  • Lebih praktis,, karena jika ada barang baru hanya perlu melakukan pengupdate_an data. Sedangkan jika menggunakan media majalah harus melakukan pencetakan.

Sedangkan manfaat yang dapat dirasakan oleh konsumen, seperti berikut :

–        Tidak memerlukan biaya transportasi untuk datang ke toko yang diinginkan

–        Lebih praktis,, karena hanya memerlukan media internet atau televisi untuk mendapatkan informasi barang.

–        Hemat waktu

–        Informasi barang – barang baru lebih cepat

–        Dapat di akses di mana saja

 

Leave a comment